Membaca Buku Cepat Sekaligus Efektif

Surel Cetak PDF

Satu kali lirik lebih dari lima kata kamu tangkap

Hampir setiap hari, salah satu aktivitas kita pasti nggak lepas dari kegiatan membaca. Yap, baik yang memang sengaja nyempetin baca buku dan koran ataupun baca tulisan-tulisan yang mau nggak mau harus kamu lakukan. Seperti: membaca petunjuk jalan, baca informasi di atm, baca surat-surat yang kamu terima via email, baca teks waktu kita lagi nonton film, komentar-komentar status di facebook dan bahkan sampai baca surat tagihan, he..he…

Tapi, buat kamu yang sudah punya hobi baca buku pasti punya kebanggaan sendiri. Apalagi kalau lagi ngobrolin sebuah buku yang sudah kamu kuasai isi bacaannya. Makanya, nggak hanya sekedar membaca, kita juga dituntut untuk bisa mengerti dari apa yang disampaikan dari bahan bacaan itu. Sia-sia sekali kalau kita udah banyak baca buku, tapi sedikit yang kita tahu isinya. (edi)

Biar nggak sia-sia kita cari tahu trik membaca cepat dan efektif di bawah ini:

  • Membaca dengan bersuara itu kurang efektif. Buat kamu yang punya kebiasaan seperti itu, coba hilangkan. (terkecuali kalo lagi bacaain komik buat adik, he..he..). Soalnya, dengan membaca dalam hati alias tanpa suara itu kita bisa menangkap jumlah kata 3 kali lipat dibandingkan membaca dengan bersuara. Artinya misalnya kalau dalam satu menit kita membaca dengan bersuara menangkap 200 kata, kita bisa menangkap 600 kata per menit dengan cara membaca dalam hati. Tentu saja, jumlah kata yang berhasil kita tangkap itu akan terus bertambah seiring konsentrasi pada saat baca dan seringnya kita membaca buku.
  • Biasakan menangkap beberapa kata dalam satu kali lihat. Maksudnya kalau kita lagi baca cobalah untuk mengambil kata kunci dalam satu kalimat yang ada di dalam buku itu. Makanya, selain mata, gunakan juga otak saat kita membaca. Pusatkan dari sebuah kalimat itu menjadi satu kesatuan bermakna.
  • Membaca kalimat demi kalimat dari kiri ke kanan tanpa henti apalagi mundur untuk melihat kalimat sebelumnya. Ya, hindari pergerakan mata yang mundur untuk mengetahui beberapa kata yang belum tertangkap. Biarkan kata-lata itu pergi, yang penting poinnya sudah didapat.. Lagian, memang sih…proses ini nggak hanya bisa kamu kuasai dalam tempo singkat. Makin sering baca, pasti kamu akan terbiasa.
  • Nggak semua jenis buku bisa kita perlakukan sama ketika mengukur kecepatan membaca. Pasti beda dong baca novel remaja dengan baca buku Sejarah Negara Indonesia. Tingkat kesulitan untuk memahaminya tentu beda kan. Karena itu, penguasaan bahasa di sini sangat penting. Catat dan cari tau idom-idom atau ungkapan-ungkapan asing yang sering kamu temukan setiap kali kamu baca. Hal, itu akan bermanfaat kalu kita menemui kata asing di buku lainnya.



Oke, mulai sekarang ambil bacaan yang paling ringan menurut kamu. Pikirkan dan perhatikan baik-baik judulnya serta sinposisnya. Ya, setidaknya biar tahu nanti apa isi buku itu. Lalu, nikmati bacaanya dan terus bandingkan kecepatan baca kamu dengan buku-buku sebelumnya yang pernah dibaca. Atau bias juga ajak teman kamu untuk adu cepat baca. (*)

Share
No images

© kampungbuku.org